.:: Cara Backup Website Plus Cara Cloning Website ::.

Below CARA BACKUP Website Plus Cara Cloning Website / blog, Contoh mengcloning: web Iklan baris dengan platform wordpress:
 
Taukah kawan kalau blog atau website yang kita punya sebenarnya rawan di hacker ataupun rusak terkena malware, untuk itu Backup website sangat penting untuk dilakukan, selain di backup, web atau blog kita ternyata bisa kita Cloning menjadi 2 buah website atau lebih dengan tampilan dan isi konten yang sama persis mau tau caranya, kita tanya galeleo, lho salah! 

Oke saya yakin kawan-kawan semua pasti sudah bisa mengartikan kata Cloning atau Duplikat website kan, ya sudah langsung saja berikut ini Cara Backup Website Plus Cara Cloning Website, khususnya website / blog dengan hosting sendiri: 

LANGKAH BACKUP KE-1:
1. Masuk Cpanel dengan mengetik www.namadomainkawan/cpanel, masukan user dan password kawan
2. Klik icon "file manager" kemudian pilih "public_html"
3. Klik kanan pada folder "wp-content" kemudian pilih "compress" akan menghasilkan file "wp-content.zip" (file "wp-content" ini adalah file tempat menyimpan posting,komentar,media,plugin dan theme yang ada pada web kita)
4. Klik kanan file "wp-content.zip" tersebut lalu pilih "Download"

LANGKAH BACKUP KE-2:
1. Klik "Home" di pojok kiri atas untuk kembali ke Home atau halaman awal Cpanel
2. Klik "Wizard Backup" lalu klik "backup –>" di kolom kiri bawah
3. Klik "MySQL Databases–>" untuk membackup datebase website / blog kawan dan mendownloadnya 4. Sekarang kawan memiliki 2 file penting pembentuk website yaitu "wp-content" dan "MysQL databases"

2 langkah itu tadi adalah langkah untuk membackup website / blog kawan. Selanjutnya adalah mengcloning Website atau bisa juga digunakan untuk merestore website / blog kawan yang error. Ikuti langkah mudah berikut:

LANGKAH RESTORE KE-1:
1. Masuk Cpanel dengan mengetik www.namadomainkawan/wp-admin, masukan user dan password kawan
2. Klik icon "file manager" kemudian pilih "public_html"
3. klik upload, masukan file "wp-content.zip" yang ada di komputer kawan hasil backup tadi

 LANGKAH RESTORE KE-2:
1. Klik "Home" di pojok kiri atas untuk kembali ke Home atau halaman awal Cpanel
2. Klik "phpMyAdmin" lalu dikolom sebelah kiri klik pada nama databases yang baru kita instal kemudian di kolom sebelah kanan centang semua tabel database tersebut, lalu pilih drop atau hapus databasenya karena akan kita ganti dengan database yang lama hasil backup tadi.
3. Klik menu "Import" dibagian atas lalu pilih file mysql databases hasil backup kawan tadi setelah berhasil mengimport lalu kembali ke "home" atau halaman awal dari menu "phpMyAdmin" ini
4. Klik nama tabel databases yang baru anda import di kolom sebelah kiri, lalu dibawahnya akan muncul nama-nama tabel yang ada
5. Klik "Edit" pada masing-masing nama database di kolom sebelah kanan, lalu ganti semua nama yang menggunakan nama website anda yang lama diganti dengan nama website anda yang baru misalnya web lama: gratis-iklanbaris.com diganti web baru/cloning: iklanbaris-gratis.net
6. Langkah terakhir adalah anda masuk ke member area website baru misalnya kalau wordpress: www.namadomainkawan/wp-admin lalu klik menu "Setting" kemudian "General" edit semua nama yang menggunakan nama website anda yang lama diganti dengan nama website anda yang baru misalnya web lama: gratis-iklanbaris.com diganti web baru/cloning: iklanbaris-gratis.net klik "Save Changes" selesai. 

Selanjutnya silahkan akses website anda yang baru, taraaa.. lihat penampakan dan isinya sama persis dengan website anda yang lama, bagai pinang dibelah dua :D

 DEMO (Contoh website hasil Cloning):
www.iklanbaris-gratis.net yang dicloning dari website aslinya: www.gratis-iklanbaris.com

Selamat Mencoba kawan, semoga sukses!!

Dapatkan Article Terbaru ke Email kawan,
Masukkan Alamat Email, lalu klik link konfirmasi yg terkirim ke Email kalian:
 
Another Post by SaputraMZ