.:: 3 Langkah Mudah Bermain Kubik-Rubik ::.

SEJARAH KUBIK-RUBIK :

Permainan kubik ini pertama kali ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang pengukir dari Hungaria dan profesor arsitektur bernama Erno Rubik. Pada mulanya permainan ini dikenal dengan nama “Magic Cube” atau “Rubik’s Cube” kemudian permainan ini di Lisensi dan dijual umum pada tahun 1980. Pada saat peluncuran perdana, Rubik’s Cube mendapatkan penghargaan sebagai Best Puzzle pada Jerman Games of the Year. Sekitar 350 juta Rubik’s Cube telah terjual di seluruh dunia hingga Januari 2009.

Kita sebut saja nama permainan ini Kubik-Rubik biar mudah di ingat, di Indonesia permainan kubik-rubik ini pun sangat digemari bukan hanya di kalangan anak-anak saja tetapi remaja, dan orang tua pun senang memainkannya, bahkan di Jakarta didirikan JRCC (Jakarta Rubik’s Cube Club) club para penggemar Kubik-Rubik, sekelompok anak muda yang memiliki hobi speedcubing ini berlomba menyelesaikan permainan Kubik-Rubik dalam waktu yang sangat cepat. Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubik-Rubik ini berhasil dicetak oleh Abel Brata susilo yang mempu menyelesaikannya dalam waktu 19,33 detik pada acara HUT Museum Rekor-Dunia Indonesia pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. (sumber: metrobalikpapan.co.id)

Permainan Kubik-Rubik ini sangat baik untuk mengasah otak dan menguji kecerdasan. Tapi jangan remehkan permainan ini, jangan harap anda bisa menyelesaikannya tanpa ILMU, silahkan dibuktikan sendiri...!!

Tapi jangan khawatir jika anda sudah mentok, silahkan ikuti “3 Langkah Mudah Bermain Kubik-Rubik” berikut ini :


LANGKAH-1 (Tentukan Warna Pilihan, Posisikan Tetap Diatas):


Pertama, tentukan warna pilihan paling atas tengah lantai-3/Layer paling atas (misal: Warna Merah).
Posisikan warna pilihan anda ini tetap diatas ketika anda memutar-mutar kubik-rubik nantinya.




LANGKAH-2 (Pahami ‘3’ Prinsip Perletakan, Gunakan Untuk Lantai-3 & Lantai-2) :

• Prinsip-1 (Untuk Lantai-3) : ***

Untuk menjadikan warna merah yang berada dipinggir tengah lantai-3, maka posisikan dulu warna merah berada di salah satu posisi di lantai-1, seperti ditunjukkan pada gambar.



• Prinsip-2 (Untuk Lantai-3) : ***

Untuk menjadikan warna merah yang berada dipinggir pojok lantai-3, maka posisikan dulu warna merah berada di salah satu posisi di lantai-1, seperti ditunjukkan pada gambar.




• Prinsip-3 (Untuk Lantai-2) : **

Untuk menjadikan warna hijau/kuning yang berada dipinggir tengah lantai-2, maka posisikan dulu warna hijau/kuning berada di posisi pinggir tengah bawah di lantai-2 yang berada dibawahnya, seperti ditunjukkan pada gambar.




PRAKTEK MENYELESAIKAN LANTAI-3 & 2 :

Setelah anda memahami 3 prinsip di atas selanjutnya gunakan prinsip tersebut untuk menyelesaikan kubik-rubik di lantai-3 & 2, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :


2a. Membentuk Cross di Lt-3 (Gunakan Prinsip-1) :


Gunakan prinsip-1 untuk membentuk cross (+) di sisi atas lantai-3, seperti gambar disamping:
Untuk membuat cross sendiri juga harus memperhatikan warna center lantai-2 (sisi samping) sehingga cross akan terbentuk nyambung dengan center lantai-2 (Lihat sisi warna merah-hijau, warna hijau juga harus sewarna dengan center hijau). Berikut ini penerapannya:


Ada 3 kondisi yang terbentuk setelah anda memposisikan warna sesuai Prinsip-1 *** :
• Kondisi Satu :
Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Dua : Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Tiga :
Gerakan penyelesaian :
2b. Membentuk “T” di sisi samping Lt-3 (Gunakan Prinsip-2) :

Gunakan prinsip-2 untuk menyelesaikan ujung-ujung lantai-3 sehingga terbentuk “T” (sisi samping), seperti gambar disamping:
Untuk menyelesaikan ujung Lt.3 ini anda harus memperhatikan 3 warna disampingnya (merah,hijau,&kuning) sehingga jika dilihat dari sisi kanan/kiri akan terbentuk huruf “T” Lihat sisi warna merah,hijau,&kuning
Ada 2 kondisi yang terbentuk setelah anda memposisikan warna sesuai Prinsip-2 *** :
• Kondisi Satu :
Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Dua :
Gerakan penyelesaian :

2c. Menyelesaikan Lt-2 (Gunakan Prinsip-3) :
Selanjutnya untuk menyelesaikan bagian pinggir tengah lantai-2 (sisi samping) gunakan prinsip-3 sehingga semua warna di lantai-2 & lantai-3 ketemu semua, seperti gambar disamping:

Untuk menyelesaikan bagian tengah lantai-2 ini anda harus memperhatikan 2 warna disampingnya (hijau,&kuning) sehingga nantinya sisi samping kanan dan kiri warnanya akan ketemu Lihat sisi warna hijau,&kuning

Ada 2 kondisi yang terbentuk setelah anda memposisikan warna sesuai Prinsip-3 ** :
• Kondisi Satu :
Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Dua :
Gerakan penyelesaian :

SELESAI :Selamat... sekarang anda sudah bisa menyelesaikan kubik-rubik lantai-2 & lantai-3,setelah anda menyelesaikannya dengan melihat tutorial ini jangan cepat puas, ulangi berkali-kali sampai anda paham dan bisa menyelesaikannya tanpa melihat tutorial ini lagi, coba berkali-kali dengan memilih warna Top dengan warna lain selain warna merah...!

Berikutnya kita akan lanjutkan ke langkah terakhir yaitu menyelesaikan kubik-rubik di lantai-1 tapi tunggu article berikutnya ya...,
kunjungi terus http://www.saputramz.com/ (Blog Tutorial Ilmu Informasi)

Ketik email anda disini untuk mendapat update article kami:



34 Responses to ".:: 3 Langkah Mudah Bermain Kubik-Rubik ::."

netmild mengatakan...

gila lengkap bener jadi cara buatnya gitu ya padahal ane kalo ni maen waduh sehari baru kelar

SaputraMZ mengatakan...

Yg belum nyoba ayo buruan beli, buktikan kalo emang elo suka tantangan, hik3x...! Sementara tutorialnya masih lantai 3 & 2 untuk lantai 1 Cubik-Rubic next article, ditunggu ych...!

MisterXWebz mengatakan...

Gila nih, Mr saputra yang sibuknya minta ampun, masih sempat-sempatnya ngurusin Kubik Rubik,, hahahahaahhaahahha ... Keep posting bro, semangat !!!!

ALOEMADA mengatakan...

Pusing juga ya maen kayak gituan ... hmmmmm...

MisterXWebz mengatakan...

Gila deh, Mr. Saputra orang yang paling sibuk didunia, kok ya masih sempet2nya ngurusin Rubik Kubik hahahahahaahhaha... Keep Posting sob,,, tetap semangat ngeblog .... :D

SaputraMZ mengatakan...

Mr.X: Dengan menunjukkan qta bisa menyelesaikan kubik rubik ke orang lain maka mereka berfikir gila hebat bgtz..., lalu aq jawab Itulah gunanya blogger's saling berbagi ilmu, lalu aq promosi'in blog aq, geto...!

Aloemada: Pusing pertamanya ajah tar kalo dah paham prinsipnya uwenake puwooolll putar-puter, ceklak-ceklek,what-whet what-whet, jadi dech,hik3x...!

Danil Edan mengatakan...

Keren.... keren.... sob

Indra mengatakan...

wahhh tutorialnya lmyan bnyk jg y,
mengasah otak neh,
hrus d coba.
tenkyu sob,
bermanfaat sekali

SaputraMZ mengatakan...

Danil & Indra:
Mkasih banyak guys, saling berbagi ilmu dan informasi...!!

sukses bwat kalian.

hendro-prayitno mengatakan...

ini harus di save pelajarinya pelan-pelan soalnya aku juga punya tapi ga pernah main dan di coba,,adiku suka banget..terima kasih ya atas sharenya..bermanfaat sekali buat asah otak

SaputraMZ mengatakan...

Hendro: Di article berikutnya aq sediain link download tutorialnya dech+videonya sekalian, dari awal ampe selesai semua warna, ditunggu yach...!

yasiin mengatakan...

mantabz gan!
makasih udah sharing! salute 0_0

Tour, Food, and Health mengatakan...

woooww...!!! so detail!

Hapi mengatakan...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

dafiDRiau mengatakan...

Wah mantap betul mas. besok saya beli dulu ah... rubik kubiknya...

SaputraMZ mengatakan...

Makasih banyak dukungannya sobat blogger's...saya masih bikin article kelanjutan yg berjudul .::Langkah Terakhir Kubik-Rubik “Selesai”::.
ditunggu ych guys.

Salam Blogger's

ToPu mengatakan...

Namun jika dipikir lebih lanjut, bermain rubik 99% adalah kemampuan HAFALAN, kurangnya cuman sebagai LOGIKA. Orang yang mampu mencetak rekor menyelesaikan rubik dengan cepat, yang dia lakukan hanyalah giat berlatih dan membuat algoritma baru dari algoritma yang telah ada.......

SaputraMZ mengatakan...

Kalau di article tutorial saya diatas, lt.3 & lt.2 full menggunakan logika/3 prinsip pergerakan, tar lt.1 diarticle brikutnya baru mggunakan hafalan, geto...

putra mengatakan...

Waaw .. Lengkap nih tutornya ..
Iya nih. Sekolah saya lagi geger gegernya sama rubik. Haha.
Sampai ulangan saja bawa rubik.

Guntur mengatakan...

Tolong kasih tau cara lantai 1 nya!

Guntur mengatakan...

plissss

ima mengatakan...

kalo pake rumus gimana yah ?

Ariyanto mengatakan...

Walah apalagi ane 1 hari g bkln kelar

SaputraMZ mengatakan...

Maap kawand baru bisa respon, untuk kelanjutan dari article diatas bisa dibaca & didownload articlenya disini Langkah Terakhir Kubik Rubik Selesai

kharis mengatakan...

Saya juga sudah bisa menyelesaikan Rubik 3x3x3 Pak, tapi masih di bawah 2 menit :P

salam kenal.

SaputraMZ | Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama Garudafood mengatakan...

@Kharis: selamat mas kharis, oh iya boleh tanya apa cara yang mas kharis gunakan sama dengan cara saya di article ini, atau ada jalan lain mungkin, silahkan sharingnya ya mas?

arlian mengatakan...

waduhhhh..
gue puter puter ampe puyeng kepala gue..
masih aja gak kelar kelar..
pusing ane..

SaputraMZ mengatakan...

Jgn menyerah mas Arlian, jangan berambisi muter-muter terus tapi pahami satu persatu dulu satu lantai dulu, kalau dah faham prinsipnya baru berlanjut ke lantai berikutnya. Permainan ini baik untuk melatih kesabaran dan pengembangan otak :)

belajar ngeblog mengatakan...

oyi mass..
doakan berhasil mas..
hehe..

SaputraMZ mengatakan...

Seeep..., pasti berhasil koq, perlahan tapi pasti! asal ada kemauan tinggi pasti cepet berhasil aqu dlu kurang lebih 1 bulan dah tanpa lihat tutorial ini :)

Habluez Share mengatakan...

Disini juga ada..!!

Lebih Mudah..!!
http://habluezshare.blogspot.com/2012/01/sejarah-rubik-dan-download-cara.html

SaputraMZ mengatakan...

Thanks infonya kawan, selalu membaca & belajar ilmu baru.

Muhammad Rifqi mengatakan...

sama gan :P

Fahmi Setiawan mengatakan...

Download Animasi GIF
SMS Gombal Lucu
BBandro.com - Berita Gadget Terbaru
SMS Ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2013
Daftar Situs Edit Foto Online
Kata Patah Hati
Kata Galau
Gambar Lucu